Pesawat sederhana adalah alat mekanik yang dapat mengubah
arah atau besaran dari suatu gaya. Secara umum, alat-alat ini bisa disebut
sebagai mekanisme paling sederhana yang memanfaatkan keuntungan mekanik untuk
menggandakan gaya. Sebuah pesawat sederhana menggunakan satu gaya kerja
untuk bekerja melawan satu gaya beban. Dengan mengabaikan gaya gesek yang
timbul, maka kerja yang dilakukan oleh beban besarnya akan sama dengan kerja
yang dilakukan pada beban.
Kerja yang timbul adalah hasil gaya dan jarak. Jumlah kerja
yang dibutuhkan untuk mencapai sesuatu bersifat konstan, walaupun demikian
jumlah gaya yang dibutuhkan untuk mencapai hal ini dapat dikurangi dengan
menerapkan gaya yang lebih sedikit terhadap jarak yang lebih jauh. Dengan kata
lain, peningkatan jarak akan mengurangi gaya yang dibutuhkan. Rasio antara gaya
yang diberikan dengan gaya yang dihasilkan disebut keuntungan mekanik.
Secara tradisional, pesawat sederhana terdiri dari:
Bidang miring
Roda dan gandar
Tuas
Katrol
Baji
Sekrup
Roda Berporos
Kerekan
Pesawat sederhana merupakan dasar dari semua mesin-mesin
lain yang lebih kompleks. Sebagai contoh, pada mekanisme sebuah sepeda
terdapat roda, pengungkit, serta katrol. Keuntungan mekanik yang didapat oleh
pengendaranya merupakan gabungan dari semua pesawat sederhana yang ada dalam
sepeda tersebut...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar